Find Us On Social Media :

Pakai Masker Menghambat Pembicaraan? Ini Tips Agar Komunikasi Lancar

Agar pembicaraan di balik masker tetap dapat dimengerti, atur suara agar ucapan jelas dan tepat.

GridHEALTH.id - Persoalan dalam menghadapi pandemi Covid-19, di saat semua orang memakai masker adalah mendengar dan memahami perkataan orang lain, terutama lawan bicara kita.

Apalagi bila yang terlibat adalah golongan lanjut usia dan orang lain dengan gangguan pendengaran yang tentunya sulit mendengar.

"Kami prihatin tentang masalah ini sejak awal pandemi karena banyak penderita gangguan pendengaran berjuang lebih keras memahami lawan bicaranya yang memakai masker," kata Dr. Debara Tucci, yang memimpin National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD), bagian dari National Institutes of Health.

Sebuah studi baru yang diterbitkan Rabu di PLOS One telah mengatasi masalah tersebut dengan membandingkan empat cara penutupan masker menggunakan dua jenis masker kain, masker bedah dan masker N95, yang menyaring 95% partikel virus kecil. Studi ini tidak menyelidiki penutupan ganda.

"Dalam konteks pandemi, kami termotivasi untuk melihat masalah ini lebih dekat, karena hanya ada sedikit penelitian sebelumnya tentang bagaimana berbagai jenis masker memengaruhi ucapan," kata penulis studi Joseph Toscano, asisten profesor ilmu psikologi dan otak yang mengarahkan program ilmu kognitif di Universitas Villanova di Pennsylvania.

"Dalam tingkat kebisingan latar belakang yang tinggi, masker bedah terbukti paling tidak menghalangi pengenalan suara, kata Dr. Jawad Fares, seorang peneliti pascadoktoral di departemen bedah saraf di Sekolah Kedokteran Feinberg di Universitas Northwestern Chicago.

Baca Juga: Kelembapan di Dalam Masker Karena Dengusan Napas Justru Melindungi Dari Paparan Virus Corona, Studi

Baca Juga: Makan Kacang-kacangan di Usia 40-an Kurangi Risiko Demensia, Studi

"Temuan studi ini penting mengingat pandemi saat ini, karena mengakui tantangan komunikasi yang kami hadapi," kata Fares, yang tidak terlibat dalam studi tersebut.