Find Us On Social Media :

World Obesity Day: Sepertiga Penduduk Dunia Kegemukan, Ahli : 'Ini Pandemi Nyata yang Terabaikan'

Setiap tanggal 4 Maret diperingati sebagai Hari Obesitas Sedunia. Kini tidak ada satupun negara yang mampu menekan tingkat obesitas dalam tiga dekade terakhir.

GridHEALTH.id -  Setiap tanggal 4 Maret kita memperingati Hari Obesitas Sedunia (World Obesity Day), dan hari ini hampir sepertiga dari penduduk dunia kelebihan berat badan.

Dan kini tidak ada satupun negara yang mampu menekan tingkat obesitas dalam tiga dekade terakhir, menurut analisis global baru.

Peneliti menemukan lebih dari 2 miliar orang di seluruh dunia sekarang kelebihan berat badan atau obesitas.

Angka tertinggi terjadi di Timur Tengah dan Afrika Utara, di mana hampir 60% pria dan 65 % wanita memiliki berat badan berlebih.

Amerika Serikat memiliki sekitar 13% populasi orang gemuk, persentase yang lebih besar daripada negara lain. Gabungan Cina dan India memiliki sekitar 15%.

"Ini cukup suram," kata Christopher Murray dari Institute for Health Metrics and Evaluation di University of Washington, yang memimpin penelitian tersebut pada akhir Desember 2020 lalu.

Ia mengatakan, orang-orang banyak terpaku pada pandemi (Covid-19) tetapi kegemukan adalah pandemi nyata, dimana dalam jangka panjang, korban yang meninggal terkait penyakit akibat kelebihan berat badan jauh lebih banyak.

Baca Juga: Pola Makan Ibu Hamil yang Tak Sehat Bisa Sebabkan Obesitas Pada Anak

Baca Juga: Mantap, Presiden Jokowi Batalkan Investasi Pabrik Miras, WHO Sebut 3,3 Juta Orang Meninggal Setiap Tahun Akibat Minuman Beralkohol

Dia dan koleganya meninjau lebih dari 1.700 studi yang mencakup 188 negara selama 20 tahun dari 2000.  "Ketika kami menyadari bahwa tidak ada satu negara pun yang mengalami penurunan obesitas yang signifikan, itu memberi tahu dunia betapa sulitnya tantangan ini."