Find Us On Social Media :

Lolos dari Masa Kritis di ICU akibat Infeksi Covid-19 dengan Terapi Plasma Konvalesen

Dengan terapi plasma plasma konvalesen ayah Andien lolos dari masa kritis di ICU, dan kini sudah sembuh.

GridHEALTH.idTerapi plasma konvalesen sudah sejak lama digunakan di dunia medis untuk pengobatan.

Jenis terapi plasma konvasalen sebelumnya sudah diterapkan dalam mengatasi penyakit akibat virus lainnya, seperti flu spanyol dan ebola. Bahkan, terapi ini sudah ada sejak lebih dari 100 tahun lalu.

Baca Juga: Sering Tampil Depan Layar, Menko Airlangga Hartarto Sembunyikan Berita Pernah Positif Covid-19, Epidemiolog Geram: 'Sangat Disayangkan'

Saat pandemi Covid-19 ini, terapi plasma konvalesen pun menjadi salah satu andalan untuk pengobatan pasien Covid-19.

Terlebih hingga saat ini belum ada obat spesifik untuk mengobati infeksi Covid-19.

Hal inilah yang dirasakan oleh Didiek Hariadi, salah seorang pasien Covid-19 yang kini telah sembuh, dimana sebelumnya sempat dirawat di ICU.

Untuk diketahui, terapi plasma darah konvalesen merupakan bentuk vaksinasi pasif dari pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh kemudian disalurkan darahnya kepada pasien Covid-19 yang masih dalam keadaan positif Covid-19.

Jadi dengan terapi plasma konvalesen ini diharapkan antibodi pasien Covid-19 yang sudah sehat bisa membantu pasien yang masih sakit untuk mengatasi penyakitnya.

dr Theresia Monica R., Sp.AN., KIC., MSi., kepada GridHEALTH.id menjelaskan, ada berbagai manfaat dari metode terapi plasma konvalesen.

Baca Juga: Plasma Darah Pasangan Suami Istri Ini Berhasil Selamatkan 68 Nyawa Pasien Covid-19