Find Us On Social Media :

Jantung di Dalam Ransel, Kisah Wanita dengan Jantung Buatan Seharga 1,5 Milyar Rupiah

Wanita Inggris bernama Selwa yang membawa jantung buatan di luar tubuhnya, dengan tas punggung.

GridHEALTH.id - Seperti kebanyakan perempuan, Selwa Hussain tentu membawa dompet uang, dan peralatan pembersih serta peralatan make-up di tasnya yang berupa ransel punggung.

Tetapi yang membedakan, didalam tas punggungnya juga terdapat baterai, motor listrik dan pompa yang mendorong udara melalui tabung untuk memompa jantung buatan, membuat Selma tak bisa lepas dari semua peralatan itu.

Setelah baru-baru ini menjalani operasi penyelamatan nyawa, Selwa sekarang menjadi wanita pertama di Inggris yang membawa jantungnya di luar tubuhnya, dengan tas punggung.

Semuanya dimulai enam bulan lalu ketika wanita berusia 39 tahun itu suatu hari mulai merasa sangat sesak.

Saat itu, Selwa berhasil membawa dirinya ke mobilnya dan berkendara sejauh hampir 200 meter ke jalan untuk menemui dokter keluarga di Clayhall, Essex.

Dia dipindahkan ke rumah sakit kota dari sana, karena dia diberitahu bahwa dia menderita gagal jantung yang parah. Empat hari kemudian, dia dilarikan ke Rumah Sakit Harefield yang terkenal,  saat ahli jantung berjuang untuk membuatnya tetap hidup.

Baca Juga: Alasan Utama Mengapa Penyandang Diabetes Harus Merawat Jantungnya

Baca Juga: Diet Mediterania, Pola Makan Paling Baik Bagi Kesehatan Jantung

Tetapi kondisi Selwa membuatnya terlalu sakit untuk tetap hidup dengan pompa pendukung yang akan membantu jantungnya, dan pada saat yang sama, kondisinya terlalu kritis untuk memungkinkan transplantasi jantung. Saat itulah suaminya Al setuju istrinya diberi jantung buatan.