Find Us On Social Media :

Alasan Utama Mengapa Penyandang Diabetes Harus Merawat Jantungnya

Diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Jadi, seorang penderita diabetes harus selalu berusaha menjaga gula darahnya.

GridHEALTH.id - Menurut Dr Santosh Kumar Dora, ahli jantung senior, Asian Heart Institute, Mumbai, "Alasan mengapa penyandang diabetes menderita penyakit jantung tampaknya multifaktorial.

Kadar glukosa yang tinggi pada diabetes mengganggu kemampuan pembuluh darah untuk berkembang, yang menyebabkan penyempitan abnormal arteri serta pembengkakan di dinding pembuluh darah.

Selain itu, ada peningkatan kecenderungan pecahnya plak (endapan di sepanjang dinding pembuluh). Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan abnormal pada struktur dan fungsi trombosit (sel darah kecil yang membantu tubuh membentuk gumpalan untuk menghentikan pendarahan) yang mengarah pada pembentukan gumpalan darah dan akhirnya mengakibatkan serangan jantung.

Selanjutnya, diabetes meningkatkan trigliserida dan kolesterol LDL (jahat) yang memperburuk proses aterosklerosis yang menyebabkan penyakit jantung koroner," ungkapnya panjang lebar dikutip dari The Indian Express  (19/02/2021)

Dr Dora lebih lanjut menambahkan, “Diabetes adalah faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Jadi, seorang penderita diabetes harus selalu berusaha menjaga gula darahnya pada tingkat yang dianjurkan.

Baca Juga: Polusi Udara Mempengaruhi Munculnya Risiko Diabetes Tipe 2, Studi

Baca Juga: Studi di Amerika Serikat, Vaksin Covid-19 Tidak Membahayakan Plasenta

Cara alami untuk menurunkan gula darah adalah senam aerobik secara teratur dan latihan kekuatan ringan, menurunkan berat badan, memiliki pola makan yang sehat terutama pola makan dengan indeks glikemik rendah.