Find Us On Social Media :

Virus Corona B117 Akan Dominan di Dunia, Kasus Sudah Ditemukan di 5 Provinsi

Virus corona varian baru B117, sudah masuk Indonesia, di Karawang, Jakarta, Kalimantan, dan beberapa daerah lainnya.

GridHEALTH.id - Varian baru virus corona B117 yang pertama kali dideteksi dan ditemukan di Inggris, kini sudah menyebrang ke berbagai negara termasuk ke Indonesia yang jaraknya kurang lebih 11.842 km.

Pastinya banyak ahli memprediksi dan sepakat jika varian baru virus corona B117 ini sangat cepat penyebarannya.

Baca Juga: A to Z Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Mulai dari Efektivitas Lawan Virus Corona Mutasi, Jangan Tutup Mata Efek Sampingnya

"B117 itu lebih cepat, kemungkinan besar hampir peneliti-peneliti besar di dunia memprediksi varian ini akan menggantikan varian yang dominan saat ini. Kalau dia dominan, lebih cepat, risikonya apa, akan lebih banyak orang ke rumah sakit, akan berulang lagi siklus yang kita alami di awal dulu pandemi," papar peneliti geomik molekuler dan anggota Konsorsium Covid-19 Genomics Inggris, Riza Arief Putranto, dilansir dari cnbcindonesia.com (10 Maret 2021).

Untuk diketahui, virus corona varian baru B117, awalnya disebut sebagai VUI-202012/01 atau yang diartikan varian udner investigation.

Dditemukan pada Desember 2020. Saat itu varian masih dalam pemeriksaan.

Tapi tak lama kemudian beberapa data dari ilmuwan dunia muncul, penularan virus corona B117 menunjukkan meningkat 50%-70%.

Ini membuat sebutannya berubah menjadi VOC atau Varian of Concern.

Baca Juga: Nasib Vaksin Sinovac di Indonesia, Setelah Ditemukan Kasus Virus Corona Baru B117 di Karawang - Jabar