Find Us On Social Media :

Tiga Cara Mengatasi Asam Urat di Rumah, Mudah dan Murah Tanpa Obat

Minum banyak air penting untuk fungsi ginjal. Menjaga ginjal dalam kondisi yang baik juga dapat mengurangi penumpukan kristal asam urat dan mengatasi asam urat.

GridHEALTH.id - Asam urat atau dalam bahasa medis dikenal dengan sebutan gout adalah suatu kondisi medis dimana terjadi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Akibatnya terjadi peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Kristal asam urat yang berlebihan akan menumpuk di jaringan tubuh dan menyebabkan inflamasi (peradangan) pada persendian (artritis).

Gout yang kronis (jangka panjang) dapat menyebabkan penumpukan asam urat baik di dalam maupun di sekitar persendian. Pada akhirnya hal ini dapat menurunkan fungsi ginjal hingga membentuk batu ginjal.

Gejala asam urat (gout) yang umunya dirasakan oleh penderitanya, panas, kemerahan dan pembengkakan pada sendi yang terjadi secara tiba-tiba.

Persendian yang sering mengalami serangan adalah persendian kecil seperti ibu jari kaki. Beberapa sendi lain yang dapat terkena ialah pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Asam urat merupakan zat sisa yang dibentuk oleh tubuh pada saat tubuh memetabolisme substansi yang dinamakan purin. Purin bisa ditemukan di beberapa jenis makanan dan minuman –seperti di alkohol, hati, daging, dan seafood.

Baca Juga: Asam Urat Bikin Nyeri Sendi, Ini 8 Cara Mudah dan Murah Mengatasinya

Baca Juga: Riset Satu Dekade Secara Global, 1 dari 42 Anak Lahir Kembar

Penyakit asam urat timbul saat asam urat di tubuh menumpuk dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh.