Find Us On Social Media :

Berisiko Pada Kesehatan, Ini Dia 5 Cara Melenyapkan Obesitas

Cara mengatasi obesitas dapat dilakukan mulai dari yang mudah seperti mengubah kebiasaan makan dan olahraga, hingga lewat operasi.

GridHEALTH.id - Istilah "kelebihan berat badan" dan "obesitas" mengacu pada berat badan yang lebih besar dari yang dianggap normal.

Kegemukan umumnya disebabkan oleh lemak tubuh ekstra. Namun, kelebihan berat badan juga bisa disebabkan oleh kelebihan otot, tulang, atau air.

Orang yang mengalami obesitas biasanya memiliki terlalu banyak lemak tubuh. Dengan pengukuran indeks massa tubuh (BMI), ini adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah kita memiliki berat badan yang sehat, kelebihan berat badan, atau mengalami obesitas.

Baca Juga: Pemberian Antibiotik Sebelum Usia 2 Tahun Bisa Menyebabkan Kegemukan

BMI adalah ukuran berdasarkan berat badan kita dalam kaitannya dengan tinggi badan. Semakin besar BMI, semakin besar risiko mengalami masalah kesehatan akibat kelebihan berat badan dan obesitas.

Dilansir dari niddk.nih.gov, mempertahankan berat badan yang sehat (atau setidaknya tidak menambah berat badan jika sudah kelebihan berat badan) dapat membantu menurunkan kemungkinan terkena masalah kesehatan tertentu.

Perawatan umum untuk kelebihan berat badan dan obesitas termasuk, menurunkan berat badan melalui makan sehat, menjadi lebih aktif secara fisik, dan membuat perubahan lain pada kebiasaan kita.