Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab dan Risiko Anemia dalam Masa Kehamilan

Anemia pada ibu hamil yang tidak diobati, dapat meningkatkan risiko komplikasi serius seperti persalinan prematur

GridHEALTH.id - Tidak sedikit ibu hamil yang mengalami anemia, yaitu kondisi dimana darah tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke jaringan ibu hamil dan ke bayi.

Asal tahu saja, selama kehamilan, tubuh menghasilkan lebih banyak darah untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Semua wanita hamil berisiko mengalami anemia. Dilansir dari webmd.com dalam artikel 'Anemia in pregnancy', hal itu karena mereka membutuhkan lebih banyak zat besi dan asam folat dari biasanya

Jika tidak mendapatkan cukup zat besi atau nutrisi tertentu lainnya, tubuh kita mungkin tidak dapat menghasilkan jumlah sel darah merah yang dibutuhkan untuk membuat darah tambahan ini.

Mengalami anemia ringan saat hamil adalah hal yang normal. Tetapi kita mungkin mengalami anemia yang lebih parah karena kadar zat besi atau vitamin yang rendah atau karena alasan lain.

Anemia bisa membuat ibu hamil merasa lelah dan lemah. Jika parah tetapi tidak diobati, dapat meningkatkan risiko komplikasi serius seperti persalinan prematur.

Baca Juga: Manfaat Melon Untuk Ibu Hamil, Atasi Sembelit Hingga Cegah Anemia

Dilansir dari pubmed.ncbi.nlm.nih.gov dalam artikel 'Anemia in pregnancy', anemia adalah salah satu komplikasi yang paling sering berhubungan dengan kehamilan.