Find Us On Social Media :

Rusia Keluarkan Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia Untuk Hewan Agar Tak Tularkan ke Manusia

Spesialis memberikan suntikan ke kelinci di laboratorium Pusat Kesehatan Hewan Federal selama pengembangan vaksin Covid-19 untuk hewan.

GridHEALTH.id - Rusia telah mendaftarkan vaksin pertama di dunia melawan Covid-19 untuk hewan, kata pengawas keamanan pertanian negara itu, Rosselkhoznadzor, Senin  (05/04/2021) .

Sebelumnya, Rusia sudah memiliki tiga vaksin virus corona untuk manusia, yang paling terkenal adalah Sputnik V, dan EpiVacCorona dan CoviVac, yang disetujui Moskow untuk dua yang terakhir.

Vaksin untuk hewan, yang dikembangkan oleh satu unit Rosselkhoznadzor, diberi nama Carnivak-Cov, kata pengawas tersebut.

"Uji klinis Carnivak-Cov, yang dimulai Oktober lalu, melibatkan anjing, kucing, rubah Arktik, cerpelai, rubah, dan hewan lainnya," kata Wakil Kepala Konstantin Savenkov Rosselkhoznadzor.

"Hasil uji coba memungkinkan kami untuk menyimpulkan bahwa vaksin itu tidak berbahaya dan sangat imunogenik karena semua hewan yang divaksinasi mengembangkan antibodi terhadap virus corona dalam 100% kasus."

Semua hewan uji yang divaksinasi mengembangkan antibodi terhadap virus corona dalam 100 % kasus, tambahnya.

Baca Juga: Pertanyaan Awam, 'Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Apakah Saya Tetap Bisa Menyebarkan Virus Corona?'

Baca Juga: Turkmenistan Melaporkan Sebagai Negara Tanpa Covid-19 Sampai Hari Ini, Para Ahli Skeptis Soal Laporan Ini

"Ini adalah produk pertama dan satu-satunya di dunia untuk mencegah Covid-19 pada hewan," katanya.