Find Us On Social Media :

Cara Menghitung Siklus Haid Sampai Masa Subur Terakhir Untuk Memprediksi Masa Subur

Begini Cara Menghitung Siklus Haid Sampai Masa Subur Terakhir

GridHEALTH.id - Siklus menstruasi merupakan proses hormonal yang dialami tubuh wanita setiap bulan untuk mempersiapkan kemungkinan kehamilan.

Periode menstruasi yang teratur pada tahun-tahun antara pubertas dan menopause biasanya merupakan tanda bahwa tubuh bekerja dengan normal.

Haid yang tidak teratur atau berat, nyeri bukanlah hal yang normal. Banyak wanita juga mengalami gejala sindrom pramenstruasi (PMS).

Kita dapat mengambil langkah-langkah di rumah dan berbicara dengan dokter atau perawat tentang cara-cara untuk menangani masalah haid dan PMS.

Baca Juga: Mengetahui Masa Subur Lewat Siklus Haid, Begini Cara Melacaknya

Melansir dari youngwomenshealth.org dalam artikel 'How long is my menstrual cycle?', siklus haid dimulai pada hari pertama kita mengalami pendarahan teratur. Bercak tidak dihitung.

Misalnya, Siklus Hari 1 adalah hari pertama haid; Siklus hari ke-2 adalah hari kedua haid, siklus hari ke-3 adalah hari ketiga aliran haid, dan seterusnya.

Untuk mengetahui berapa lama siklus haid kita, mulailah pada siklus hari 1 dari siklus menstruasi terakhir dan mulailah menghitung (Siklus hari 1,2,3,4 dan seterusnya).

Jika menstruasi teratur, melacaknya akan membantu mengetahui kapan kita berovulasi, kapan kemungkinan besar akan hamil, dan kapan akan mulai menstruasi berikutnya.