Find Us On Social Media :

Cara Alami Obati Asam Urat, Salah Satunya Cukup Mengubah Gaya Hidup

Obat alami mengatasi asam urat sebetulnya mudah. Cukup melakukan perubahan gaya hidup.

GridHEALTH.id - Penyakit asam urat merupakan kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang laki- laki, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat, dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

Sering kali orang salah kaprah dan menyamakan penyakit asam urat dengan rematik. Padahal, rematik adalah istilah yang menggambarkan rasa sakit pada persendian atau otot yang mengalami peradangan.

Penyakit asam urat yang tidak segera diatasi dapat membahayakan pengidap asam urat karena sebabkan komplikasi kesehatan, seperti asam urat kronis, kerusakan sendi, muncul batu ginjal yang dapat mengganggu fungsi ginjal,  penyakit ginjal, dan penyakit jantung koroner.

Baca Juga: Kadar Asam Urat Tinggi Bisa Kurangi Umur Hingga 11 Tahun, Studi

Baca Juga: Pertanyaan Awam di Bulan Ramadan, Bisakah Orang Dengan Gangguan Mental Ikut Berpuasa?

Dilansir dari American Diabetes Association, sebetulnya cukup mengubah gaya hidup, dapat menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Berikut caranya;

1. Berhenti mengonsumsi daging merah

Daging merah memiliki jumlah protein hewani tertinggi, tetapi protein ini juga tinggi purin. Karena penumpukan purin dalam darah dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam darah, yang pada gilirannya dapat menyebabkan asam urat.