Find Us On Social Media :

Akhirnya Pemerintah Dukung Pengembangan Vaksin Nusantara, Jika Penelitinya Bisa Pastikan 3 Hal dari BPOM Ini Dipenuhi

Pemerintah akan mendukung pengembangan vaksin Nusantara jika telah memenuhi kriteria dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

GridHEALTH.id - Vaksin nusantara yang digadang merupakan vaksin buatan negeri masih menjadi perdebatan oleh banyak pihak.

Vaksin ini pun diketahui mulai melakukan uji coba tanpa persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca Juga: Ikut Jalani Pengambilan Sample Darah, Politisi PDIP Ini Tertarik Jadi Relawan Vaksin Nusantara Meski Miliki Komorbid Jantung dengan 5 Ring

Permasalahan vaksin nusantara ini pun ditegaskan oleh Juru Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito belum lama ini.

Ia mengatakan, pemerintah akan mendukung pengembangan vaksin Nusantara jika telah memenuhi kriteria dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ada tiga poin penting harus masuk dalam kriteria yang dipenuhi oleh vaksin ini, yakni keamanan, efikasi dan kelayakan vaksin.

"Pada prinsipnya semua vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat harus mendapatkan izin dari BPOM utamanya dari aspek keamanan, efikasi dan kelayakan," kata Wiku, dalam konferensi pers secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (15/04/21).

"Selama memenuhi kriteria, pemerintah akan memberikan dukungan (terhadap vaksin Nusantara)," lanjutnya.

Pengawasan atas pengembangan vaksin Nusantara merupakan kewenangan BPOM selaku otoritas resmi pengawas obat dan makanan.

Baca Juga: WHO Nyatakan Keprihatinan Peningkatan Covid-19 Selama Ramadan