Find Us On Social Media :

Jangan Anggap Enteng Kesemutan, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Kesemutan selain akibat salah posisi juga bisa mengindikasikan adanya penyakit serius.

GridHEALTH.id - Mati rasa atau kesemutan adalah sensasi tertusuk yang tidak biasa yang dapat terjadi di bagian tubuh mana pun. Orang umumnya memperhatikan sensasi ini di tangan, kaki, lengan, dan tungkai. Istilah medis untuk mati rasa dan kesemutan adalah paresthesia.

Sebenarnya banyak hal yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, termasuk konsumsi beberapa jenis obat.

Hal-hal yang kita lakukan setiap hari terkadang dapat menyebabkan mati rasa, antara lain duduk atau berdiri dalam satu posisi dalam waktu lama, duduk dengan menyilangkan kaki, atau tertidur di lengan.

Ini semua adalah contoh tekanan yang diberikan pada saraf. Begitu kita  bergerak, mati rasa akan membaik.

Jika mati rasa dan kesemutan terus berlanjut dan tidak ada penyebab yang jelas dari sensasi tersebut, itu bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius atau cedera, seperti multiple sclerosis atau carpal tunnel syndrome. Perawatan akan tergantung pada diagnosis.

Baca Juga: 5 Cara Rumahan dan Alami Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Roti Tidak Disarankan Untuk Sahur dan Berbuka

Sebab, selain salah posisi, ada banyak kondisi yang dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan, seperti: gigitan serangga atau hewan, racun yang ditemukan dalam makanan laut,   tingkat abnormal vitamin B-12, kalium, kalsium, atau natrium yang rendah di dalam tubuh, terapi radiasi dan obat-obatan, terutama kemoterapi.