Find Us On Social Media :

Kayu, Plastik , Atau Batu? Jenis Talenan Apa yang Harus Dibeli ?

Talenan adalah peralatan dapur yang penting dan ketika harus memilih yang tepat, kebersihan dan pegangan harus menjadi prioritas.

GridHEALTH.id - Apakah kita memiliki satu talenan di dapur dan menggunakannya untuk segala hal? Maka kita mungkin perlu berinvestasi beli yang baru untuk pemakaian terpisah, terutama jika makan produk hewani, karena alasan kebersihan.

Para chef ternama dan dokter menganjurkan agar kita menggunakan satu talenan untuk memotong roti, memotong herba dan mengiris buah, dan menggunakan yang lainnya khusus untuk produk hewani seperti daging.

Untuk ikan dan daging, kita harus menggunakan papan terpisah dan sebaiknya yang mudah dibersihkan dan memiliki pinggiran.

Papan terpisah untuk memotong bawang bombay juga dapat mencegah penyedap rasa yang tidak diinginkan.

Dua hal pertama yang harus diperhatikan pada talenan yang baik adalah alas antiselip serta desain dan bahan yang membuatnya mudah dibersihkan.

Baca Juga: Waspada, Talenan Bisa Mengandung 24.000 Bakteri 200 kali Lebih Banyak Dari Dudukan Toilet

Baca Juga: Covid-Toes, Gejala Baru Covid-19 Pada Kaki dengan Ciri Ruam Kemerahan

Baca Juga: Sakit Punggung, 90% Orang Dewasa Mengalaminya, Cegah Sebelum Terjadi

Dalam hal bahan, berikut adalah perbedaan utama yang harus dipertimbangkan:

- Kayu: Papan kayu cantik dan lembut di atas pisau dapur. Tetapi seiring waktu, mereka bisa retak sehingga retakan ini menjadi tempat kuman dapat bersembunyi dan berkembang biak.