Find Us On Social Media :

Lebah Dilatih Para Peneliti di Belanda Untuk Mendeteksi Covid-19

Lebah yang telah dilatih untuk mampu mendeteksi infeksi Covid-19 di Belanda.

GridHEALTH.id - Lebah yang dilatih oleh para peneliti di Belanda dapat mengidentifikasi sampel yang terinfeksi Covid-19, sebuah temuan yang dapat mempersingkat waktu tunggu untuk hasil tes menjadi hanya beberapa detik.

Lebah sudah memiliki indra penciuman sapi yang luar biasa tajam, fitur yang digunakan para peneliti.

Untuk melatih lebah, para ilmuwan di laboratorium penelitian bio-veteriner di Universitas Wageningen memberi mereka air manis sebagai hadiah setelah menunjukkan sampel yang terinfeksi Covid-19. Mereka tidak akan mendapat hadiah setelah diperlihatkan sampel yang tidak terinfeksi.

Setelah terbiasa dengan sistem tersebut, lebah dapat secara spontan menjulurkan lidah mereka untuk menerima hadiah saat diberikan sampel yang terinfeksi, kata Wim van der Poel, seorang profesor virologi yang mengambil bagian dalam proyek tersebut.

"Kami mengumpulkan lebah madu normal dari peternak lebah dan kami menempatkan lebah di tali kekang," katanya.

"Segera setelah memberikan sampel positif, kami juga memberi mereka air gula. Dan yang dilakukan lebah adalah mengulurkan belalai untuk mengambil air gula."

Baca Juga: Propolis Terbukti Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Lawan Covid-19

Baca Juga: 9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Mendapat Lebaran yang Sehat

Memanjangkan lidah lebah yang seperti jerami untuk minum adalah konfirmasi dari hasil tes virus corona yang positif, menurut para peneliti.