Find Us On Social Media :

9 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Mendapat Lebaran yang Sehat

Perbanyak hidangan Lebaran dengan yang serba sayur dan telur agar mendapatkan lebaran sehat.

GridHEALTH.id - Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akan datang di minggu ini.  Berhubung Lebaran adalah hari keceriaan yang digunakan untuk berkumpul bersama keeluarga, biasanya diisi dengan silaturahmi sambil makan-makan, yang menunya pastinya istimewa.

Maka,  penting bagi masyarakat yang akan merayakan Lebaran, untuk mewaspadai pentingnya gizi yang sehat.

Perlu diingat bahwa jika makan terlalu banyak saat berkumpul di hari raya, hal itu akan menyebabkan gangguan pencernaan, hiperglikemia, sakit perut, dan tekanan darah tinggi.

Maka dari itu, aturan emas Lebaran yang sehat adalah makan ringan, artinya mengonsumsi makanan yang tidak berat di perut dan mudah dicerna, tetapi memberi kita perasaan kenyang.

Berikut adalah 10 poin penting yang harus dipertimbangkan saat berbelanja dan menyiapkan makanan untuk merayakan Lebaran bersama kerabat dan handai taulan.

Baca Juga: Menjadi Teman Opor dan Sambal Goreng Hati, Lontong Juga Menjadi Favorit Selain Ketupat, Begini Cara Buat yang Praktis

Baca Juga: Penyandang Diabetes Tipe 2, Ini Waktu Terbaik Sarapan Agar Kadar Gula Darah Terkontrol

1. Lebih mudah mencerna daging putih daripada daging merah. Ayam, kalkun atau ikan tanpa kulit kekurangan lemak jenuh sementara mereka kaya akan lemak tak jenuh ganda dan karenanya tidak disimpan di dalam usus selama daging merah.

Ayam atau kalkun yang diperkaya dengan sayuran segar adalah alternatif yang bagus untuk dihidangkan.