Find Us On Social Media :

Tren Puasa Intermiten Sukses Menurunkan Berat Badan, Tapi Lemak Perut Tetap Bercokol, Ini Penjelasan Ahli

Lemak perut sukar dihilangkan meski berat badan berhasil turun berkat puasa intermiten.

GridHEALTH.id - Banyak bintang Hollywood termasuk Kourtney Kardashian, Jenna Jameson, Hugh Jackman, Justin Theroux dan Vanessa Hudgens bersumpah dengan puasa berselang untuk menurunkan berat badan.

Tetapi pola makan ini, yang melibatkan periode puasa dan makan yang dibatasi waktu, mungkin tidak membantu menghilangkan lemak perut yang membandel itu.

Pasalnya, tim peneliti Australia mengatakan lemak di sekitar perut lebih tahan terhadap puasa intermiten.

Lemak perut bisa masuk ke 'mode pengawetan', beradaptasi dari waktu ke waktu dan menjadi lebih tahan terhadap penurunan berat badan, kata mereka dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Cell Reports.

Menggunakan model tikus, tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Mark Larance dari Charles Perkins Center dan School of Life and Environmental Sciences di University of Sydney telah menunjukkan perubahan yang dialami jaringan lemak selama puasa intermiten.

Mereka memeriksa jenis jaringan lemak dari lokasi yang berbeda untuk memahami efek puasa setiap hari, di mana tidak ada makanan yang dikonsumsi pada hari-hari alternatif.

Baca Juga: Tiga Jenis Puasa, Dari Praktik Keagamaan Hingga Ingin Langsing

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Bermanfaat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Baik lemak viseral, yang merupakan jaringan lemak yang mengelilingi organ kita termasuk perut, dan lemak subkutan, yang terletak tepat di bawah kulit dan terkait dengan kesehatan metabolisme yang lebih baik, ditemukan tidak mengalami perubahan dramatis selama puasa intermiten.