Find Us On Social Media :

4 Cara Alami Mengatasi Anosmia, Kehilangan Penciuman Akibat Covid-19

Anosmia, atau kehilangan indra penciuman merupakan gejala yang banyak diderita pasien Covid-19.

GridHEALTH.id - Covid-19 mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda. Sementara beberapa orang dengan coronavirus mendapatkan gejala, yang lain tidak.

Gejalanya juga bervariasi tergantung pada tingkat keparahan, tetapi yang umum termasuk demam, sakit tubuh, kehilangan penciuman dan rasa, kedinginan, sesak napas.

Kehilangan penciuman penuh atau sebagian (atau dikenal sebagai anosmia) adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling awal dan paling sering dilaporkan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine, disfungsi penciuman (yaitu hilangnya penciuman atau rasa) lebih umum terjadi pada kasus Covid-19 ringan dan dibutuhkan sekitar 21,6 hari untuk pulih darinya.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa 95% pasien memulihkan indra penciuman mereka pada 6 bulan pasca infeksi.

Jika mengalami anosmia karena Covid-19 atau alasan lain, berikut empat solusi alami untuk membantu kita mendapatkan kembali indra penciuman.

Baca Juga: Penyintas Covid-19 Mendapatkan Kembali Indra Penciuman Lewat Parfum

Baca Juga: Sibuk Googling Penyakit di Internet Bisa Munculkan Hipokondria

1. Pelatihan penciuman

Ada intervensi medis untuk anosmia tergantung pada penyebabnya, tetapi dokter juga merekomendasikan pelatihan penciuman sebagai strategi tambahan di rumah.