Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes, Mohon Jangan Konsumsi Minuman Ini Bila Tak Ingin Kadar Gula Naik!

Minuman bersoda, jus buah murni, dan teh juga kopi yang diberi gula sebaiknya jangan diminum penyandang diabetes.

GridHEALTH.id - Tetap terhidrasi dengan baik penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran yang baik.

Tetapi bagi mereka yang menyandang diabetes, suatu kondisi kronis di mana gula darah terlalu tinggi, ada perubahan pola makan tertentu yang harus dilakukan yang dapat membatasi pilihan tentang apa yang harus diminum.

“Memiliki diabetes berarti Anda perlu mencoba makan makanan yang sehat dan seimbang. Jika tidak, maka obat tidak bekerja sebaik mungkin, dan Anda mungkin memerlukan lebih banyak obat," kata Dr. Kathleen Wyne, ahli endokrinologi di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus dikutip dari Medical News Today (20/06/2021).

Dengan kedua jenis diabetes, mengatur apa yang dimakan dan minum adalah bagian penting dari pemeliharaan kesehatan.

“Ketika kita berbicara tentang diabetes tipe 1, kita tidak membatasi diet kecuali merekomendasikan pasien untuk makan makanan yang sehat untuk jantung,” kata Wyne.

Tantangan dengan meminum minuman yang mengandung kadar gula tinggi adalah kecepatan gula tersebut memasuki aliran darah dan lonjakan yang dapat ditimbulkannya.

Baca Juga: Gejala Diabetes, Jawab 8 Pertanyaan Ini Untuk Memastikan Apakah Kita Sudah Menyandang Diabetes

Baca Juga: Belum Selesai dengan Virus Delta, WHO Ingatkan Virus Lambda Bisa Bikin Gelombang Infeksi Baru Covid-19

Cairan dipecah oleh sistem pencernaan dengan cepat, lebih cepat daripada makanan, dan gula yang terkandung dalam kopi manis, minuman energi atau soda biasa masuk ke aliran darah dengan sangat cepat.