Find Us On Social Media :

5 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Gusi Berdarah (Gingivitis)

Radang gusi yang menyebabkan sakit gigi dapat diatasi dengan pengobatan rumahan yang mudah.

GridHEALTH.id - Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan ketika plak, lapisan bakteri yang terbentuk pada gigi dan sepanjang garis gusi, berkembang di bawah garis gusi.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan gejala seperti pendarahan, nyeri saat mengunyah, gusi bengkak, gigi goyang, dan bau mulut yang berkepanjangan.

Setelah didiagnosis menderita gingivitis, dokter gigi akan meresepkan antibiotik, obat kumur, pembersihan gigi secara menyeluruh dan dalam, dan dalam beberapa kasus, bahkan pembedahan.

Hidup dengan gingivitis dapat secara signifikan memengaruhi kehidupan dan kepercayaan diri sehari-hari.

Seiring dengan pengobatan konvensional, kita juga dapat menggunakan lima pengobatan rumahan ini untuk meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah infeksi bakteri.

1.  Jus buah delima 

Penelitian telah menemukan bahwa buah delima memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membantu melawan plak gigi dan menjaga kesehatan mulut.

Baca Juga: Studi: Masalah Pada Mulut dan Gigi Bisa Sebabkan Impotensi Pada Pria

Baca Juga: 6 Tips Mudah dan Murah Untuk Mencegah Penyakit Infeksi Tenggorokan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Ancient Science of Life pada tahun 2018 menemukan bahwa hanya dengan berkumur dengan 30 ml jus buah delima selama beberapa menit setiap hari, kita dapat melawan plak gigi dan mengurangi infeksi bakteri di mulut.