Find Us On Social Media :

Tenaga Kesehatan Akan Dapat Suntikan Ketiga Untuk Memperkuat Kekebalan, Vaksin Covid-19 Moderna Jadi Pilihan

Tenaga kesehatan akan mendapat suntikan ketiga berupa vaksin Covid-19 Moderna sebagai penguat kekebalan tubuh.

GridHEALTH.id - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksin Covid-19 Moderna akan digunakan untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.

Budi mengatakan, hal tersebut berdasarkan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

"Sudah disetujui vaksinasi (Covid-19) ketiga akan diberikan menggunakan vaksin Moderna sehingga dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap variasi-variasi mutasi virus yang ada," kata Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (09/07/2021).

Budi mengatakan, penyuntikan vaksin Covid-19 dosis ketiga ini hanya diberikan kepada tenaga kesehatan, mengingat nakes merupakan kelompok yang paling berisiko tertular virus corona.

"Karena nakes kita itu yang setiap hari bertemu (pasien) dengan virus yang tinggi kadarnya dan mereka harus kita lindungi mati-matian agar bisa konsentrasi bekerja," ujarnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan, dosis vaksin Moderna kemungkinan akan tiba di Tanah Air pada akhir pekan ini secara bertahap.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 BioNTech dan Johnson & Johnson Efektif Melawan Varian Delta, Studi

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mencegah Penyakit Infeksi Influenza Pada Lansia

“Program vaksinasi ke-3 (booster) akan dilakukan mulai minggu depan untuk 1,47 juta tenaga kesehatan. Teknis pelaksanaannya akan diatur oleh kementerian kesehatan," pungkas Edi Gunadi.