Find Us On Social Media :

Ramai-ramai Masyarakat Minta Suntikan Ketiga Vaksin Covid-19, Ternyata Tidak Semua Memerlukan, Ini Syaratnya

Suntikan ketiga vaksin Covid-19 sebagai penguat imunitas diprioritaskan kepada tenaga kesehatan.

GridHEALTH.id - Ketika upaya vaksinasi telah berjalan di seluruh dunia, perlahan-lahan mulai disadari bahwa suntikan yang kita miliki - dosis tunggal atau ganda tidak sepenuhnya efektif melawan galur mutan virus SARS-COV-2.

Karena varian virus corona baru yang terus bermunculan menyebabkan peningkatan jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia, banyak negara memutuskan untuk mulai memberi warganya dosis ketiga vaksin untuk mencegah wabah lain.

Contohnya, Pfizer dan Moderna mengumumkan pada hari Rabu (14/07/2021) bahwa mereka akan meminta otorisasi untuk dosis ketiga vaksin Covid-19 mereka untuk meningkatkan kemanjurannya, karena varian delta mendorong wabah yang menghancurkan di Asia dan Afrika dan kasus meningkat lagi di Eropa dan Amerika Serikat.

Masyarakat awam kemudian juga mempertanyakan kemanjuran vaksin Covid-19 yang telah mereka dapatkan, dan demikian meminta ketersediaan suntikan penguat atau booster  dosis vaksin Covid-19 ketiga, yang diharapkan akan bekerja untuk memperkuat kemanjuran.

Baca Juga: Varian Delta Membuat Kasus Virus Corona Kembali Melonjak Secara Global, Pfizer dan Moderna Minta Otorisasi Untuk Dosis Ketiga Vaksin Covid-19

Baca Juga: Kesulitan Menelan Dapat Mengindikasikan Penyakit Infeksi Telinga

Berikut pertanyaan awam tentang suntikan penguat (booster) Covid-19 yang dirangkum dari berbagai sumber;

Mengapa suntikan booster Covid-19 dibutuhkan saat ini?

Beberapa suntikan booster Covid-19 telah terbukti secara klinis berkhasiat dan meningkatkan kekebalan terhadap virus corona, sementara beberapa vaksin lain terbukti tidak memerlukan.