Find Us On Social Media :

Begini 5 Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih yang Mudah dan Murah

Cukup minum air putih bisa mencegah kita terserang infeksi saluran kemih atau ISK.

GridHEALTH.id - Saluran kemih adalah bagian dari tubuh kita yang bertanggung jawab untuk produksi dan penyimpanan urine.

Ini terdiri dari ginjal (di mana urine dibuat), ureter (tempat berjalannya urine) dan kandung kemih (disimpan dalam organ ini). Sedangkan infeksi saluran kemih atau ISK adalah infeksi pada lapisan uretra atau kandung kemih.

Inkontinensia urine atau anyang-anyangan dapat membuat rasa tak nyaman. Segala jenis sensasi seperti terbakar atau muncul urine keruh bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan agak tidak higienis.

Infeksi saluran kemih atau ISK didefinisikan sebagai infeksi pada lapisan kandung kemih dan uretra.

Infeksi yang ditemukan di bagian manapun dari sistem kemih, misalnya ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra, disebut ISK.

Insiden ISK pada wanita meningkat secara langsung dengan aktivitas seksual dan melahirkan anak. 25-30 %  wanita antara kelompok usia 20-40 tahun, mendapatkan ISK," kata Dr Areef Tamboli, Konsultan Associate, Departemen Urologi, Rumah Sakit SL Raheja, Mahim, dikutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: 5 Komplikasi Kesehatan Akibat Infeksi Saluran Kemih Tak Segera Diobati

Baca Juga: Pemberian Vaksin Dapat Mencegah Penyakit Infeksi Menular, Bagaimana Cara Kerjanya?

Namun, ada cara tertentu untuk mencegah ISK. Berikut 5 di antaranya:1. Menjaga kebersihan organ intim

“Selalu bersihkan dari depan ke belakang setelah menggunakan kamar mandi. Jangan mencoba menjangkau dari belakang karena kuman dari dubur dapat berpindah ke tangan dan tisu.