Find Us On Social Media :

Mengenal Berbagai Varian Virus Corona, Apa dan Bagaimana Kategorinya

Varian virus corona dapat dikategorikan menjadi 3 kategori.

GridHEALTH.id - Sebuah varian mungkin lebih atau kurang berbahaya daripada strain lain tergantung pada mutasi dalam kode genetiknya.

Mutasi dapat memengaruhi atribut seperti seberapa menularnya suatu varian virus, bagaimana ia berinteraksi dengan sistem kekebalan, atau tingkat keparahan gejala yang dipicunya.

Virus bermutasi dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan mereka dan meningkatkan kelangsungan hidup mereka.

Selama pandemi, SARS-CoV-2, virus corona baru yang menyebabkan Covid-19, telah cukup bermutasi untuk mengubah kemampuannya untuk menyebar melalui populasi dan kemampuannya untuk menginfeksi orang.

Strain baru ini disebut varian. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat saat ini mengklasifikasikan varian ke dalam tiga kategori, diurutkan dari yang paling tidak mengkhawatirkan, sampai yang mengkhawatirkan. Berikut kategorinya;

1. Varian Minat (Variant Of Interest/VOI): Memiliki fitur yang dapat mengurangi kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi. Misalnya, kita mungkin pernah mendengar tentang VOI Eta, Iota atau Kappa.

Baca Juga: India Siapkan Obat Oral Anti Covid-19 Melawan Semua Varian Virus Corona, Begini Cara Kerjanya

Baca Juga: Temukan Satu Kasus Baru Varian Delta, Selandia Baru Langsung Lockdown

2. Varian Kekhawatiran (Variant Of Concern/VOC): Kurang responsif terhadap pengobatan atau vaksin dan lebih cenderung menghindari deteksi diagnostik.