Find Us On Social Media :

Generasi Berikut Hidup Lebih Pendek dari Orangtua Mereka Karena Obesitas, Studi

Generasi yang lebih muda akan lebih pendek umurnya akibat obesitas.

GridHEALTH.id - Direktur Bedah Bariatrik di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, Dr Ramen Goel, mengatakan obesitas dan masalah terkait kemungkinan akan menghasilkan situasi ketika untuk pertama kalinya dalam sejarah umat manusia, generasi berikutnya mungkin hidup lebih pendek dari orang tua mereka.

"Obesitas adalah masalah kesehatan yang kompleks, muncul sebagai epidemi global dan penyebab kematian paling umum kedua yang dapat dicegah yang menimbulkan banyak tantangan tetapi solusi yang layak juga ada.

Di balik obesitas, ada kombinasi penyebab dan faktor individu seperti perilaku dan genetika. Perilaku dapat mencakup aktivitas fisik, tidak aktif, pola diet, penggunaan obat-obatan, dan paparan lainnya."

Obesitas telah muncul sebagai epidemi global. Menurut statistik 2018 yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 1,9 miliar orang dewasa, 18 tahun ke atas, kelebihan berat badan. Dari mereka, lebih dari 650 juta mengalami obesitas.

“Selain itu, obesitas bukanlah penyakit tunggal tetapi membawa 225 penyakit lain, yang secara langsung atau tidak langsung terkait dengannya,” kata Goel.

Diabetes, hipertensi (Blood Pressure), penyakit jantung, masalah pernapasan, penyakit kandung empedu, beberapa jenis kanker, radang sendi, stroke, kolesterol adalah beberapa penyakit terkait akibat obesitas.

Baca Juga: Kasus Obesitas Semakin Banyak, Ini 5 Tanda Tubuh Mulai Kegemukan

Baca Juga: Peneliti di Inggris Kembangkan Tes PCR yang Lebih Murah dan Cepat

Namun, untuk mengekang meningkatnya insiden obesitas dan penyakit terkait, ada pilihan pengobatan tertentu dengan keterbatasannya.