Find Us On Social Media :

Pengobatan Gagal Jantung Kronis Simptomatik dengan Obat Vericiguat

Vericiguat telah disetujui ESC sebagai obat gagal jantung.

GridHEALTH.id - Pada  Kongres European Society of Cardiology (ESC) 2021 pada 31 Agustus 2021, untuk pertama kalinya mempresentasikan Pedoman terbaru terkait Gagal Jantung Akut dan Kronis, secara eksplisit mencakup kondisi perburukan gagal jantung.

Saat itu, obat Vericiguat direkomendasikan untuk terapi gagal jantung pada populasi pasien yang berisiko mengalami peningkatan gejala dan telah dirawat berulangkali di rumah sakit. 

Pedoman tersebut menyatakan bahwa pengobatan dengan Vericiguat dapat dipertimbangkan terhadap pasien dengan NYHA Kelas II-IV yang telah mengalami perburukan gagal jantung meskipun telah diobati dengan angiotensin-converting enzyme (ACE) 1 inhibitor (atau angiotensin receptor neprilysin inhibitor (ARNI)), beta-blocker dan mineralocorticoid receptor antagonist (MRA) untuk mengurangi risiko kematian kardiovaskular atau rawat inap terkait gagal jantung.

"Pengakuan formal dari perburukan gagal jantung dan dimasukkannya terapi ini dalam pedoman penting ini, menandai titik balik pengobatan bagi populasi pasien yang sangat membutuhkan suatu hasil pengobatan yang lebih baik," kata Profesor Piotr Ponikowski, Director of the Institute for Heart Diseases, Wroclaw Medical University di Polandia.

“Pada gagal jantung, kronis bukan berarti stabil. Gejala dapat meningkat ke titik di mana pasien mengalami kejadian perburukan gagal jantung, yang berarti harus rawat inap atau membutuhkan diuretik intravena rawat jalan.

Sekitar 56% akan kembali ke rumah sakit dalam  waktu  30  hari  setelah  kejadian  tersebut,  dengan  peningkatan  risiko  kematian kardiovaskular.

Baca Juga: Kurang Minum Dapat Berisiko Serangan Jantung, Studi Terbaru AHA

Baca Juga: Surat Dokter Mutlak Untuk Vaksinasi Covid-19 Bagi Penyandang Autoimun

Inilah mengapa pendekatan kami untuk mengelola gagal jantung harus berubah, karena kami bekerja untuk mematahkan mata rantai perkembangan penyakit yang dialami oleh banyak orang”.