Find Us On Social Media :

Kekurangan Vitamin D Dapat Berisiko Mengalami Kecanduan Narkoba, Studi

Vitamin D membuat kita tetap sehat bahkan saat kekurangan sinar matahari.

GridHEALTH.id - Vitamin D, yang diproduksi secara alami dalam tubuh manusia setelah terpapar sinar matahari, bisa menjadi kunci dalam membantu orang mengelola kecanduan narkoba mereka dengan lebih baik, sebuah studi baru yang menarik ditemukan.

Para peneliti di Rumah Sakit Umum Massachusetts menganalisis catatan kesehatan untuk menemukan pasien dengan kadar vitamin D yang cukup rendah sebagai 50% lebih mungkin daripada yang lain dengan tingkat normal untuk menggunakan narkoba sementara mereka dengan defisiensi "parah" 90% lebih mungkin.

Dalam percobaan, tikus yang "dikondisikan dengan dosis morfin sederhana" tetapi juga "kekurangan vitamin D" "jauh lebih mungkin untuk mengembangkan gejala penarikan" daripada tikus dengan kadar vitamin normal, para peneliti menemukan.

Baca Juga: Manfaat Vitamin D, Bantu Pernapasan pada Penderita Tuberkulosis (TBC)

Baca Juga: Penyebab Paling Sering Berbagai Tipe Diabetes yang Perlu Diketahui

Jadi suplemen vitamin D jika kita berada di daerah yang lebih berawan, atau mendapatkan lebih banyak sinar matahari, dapat membantu mengatasi momok kecanduan narkoba yang sedang berlangsung, kata penelitian dalam jurnal Science Advances.