Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Alasan Si Kecil Lebih Baik Berjalan Kaki ke Sekolah

Healthy move, berjalan kaki ke sekolah memberi manfaat pada kesehatan anak.

 

GridHEALTH.id - Tidak dipungkiri,  terkadang jarak, cuaca, dan pertimbangan keselamatan lainnya membuat orangtua ragu untuk melepas anaknya berjalan kaki ke sekolah di saat pembelajaran tatap muka sudah dimulai di beberapa sekolah.

Tetapi jika sekolahnya mempunyai jarak kurang dari setengah kilometer alias 500 meter dan bukan merupakan daerah dengan , perjalanan aktif dengan berjalan kaki memberikan dampak kesehatan yang luar biasa bila dilakukan secara rutin.

Untuk mendukung gerakan kampanye Healthy Move yang dilakukan oleh GridHEALTH.id, berikut adalah 5 alasan mengapa si kecil perlu didorong untuk berjalan kaki ke sekolah;

1. Lebih aman dari yang kita pikirkan

Sekitar usia 10 tahun, anak-anak sudah cukup besar untuk menyeberang jalan dengan aman dan menangani keadaan darurat lain yang mungkin muncul.

Ditambah lagi, ketika lebih banyak anak berjalan kaki ke sekolah, lingkungan berkembang menjadi sebuah siklus yang baik yang membuat mereka lebih aman dan lebih menyenangkan untuk berjalan-jalan.

"Komunitas yang telah berinvestasi dalam infrastruktur untuk mempromosikan berjalan kaki atau bersepeda telah menunjukkan peningkatan nilai properti, peningkatan kualitas udara, pengurangan cedera panas perkotaan, dan kohesi sosial yang lebih besar."

Baca Juga: Studi, Olahraga Jalan Kaki 7000 Langkah Lebih Perpanjang Umur Dibanding 10000 Langkah

Baca Juga: CEO Pfizer Memprediksi Kehidupan Normal di Tahun Depan, Bahkan Dengan Varian Baru Virus Corona

2. Mencegah obesitas

Anak-anak yang berjalan ke sekolah sejak di taman kanak-kanak memiliki skor BMI yang lebih rendah di kelas lima, sebuah penelitian menunjukkan.