Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ingin Punggung dan Perut Lebih Kuat Lupakan Sit-Up, Ganti Dengan Plank Position

Melakukan plank selama 30 detik atau satu menit dapat meningkatkan kebugaran secara menyeluruh dan mengencangkan otot inti.

 
GridHEALTH.id - Gerakan yang memusatkan pada inti, yaitu yang memberikan tekanan pada otot perut, punggung, dan pinggul sering kali kita disarankan melakukan sit-up.

Disebutkan, dengan latihan sit-up, dijamin perut dan lingkar pinggang menjadi lebih ramping, sementara latihan plank atau papan, hanyalah gerakan yang diam atau statis.

Tapi itu dulu. Sekarang latihan papan atau plank position, di mana kita mengambil posisi dan menahannya, adalah standar emas untuk melatih inti, sementara sit-up dan crunch klasik tidak lagi disukai.

Mengapa terjadi pergeseran? Salah satu alasannya adalah bahwa sit-up memberi tekanan di punggung , gerakan ini mendorong tulang belakang yang melengkung ke lantai dan melatih fleksor pinggul kita otot-otot yang membentang dari paha ke vertebra lumbar di punggung bawah.

Ketika fleksor pinggul terlalu kuat atau terlalu kencang, mereka menarik tulang belakang bagian bawah, yang dapat membuat punggung bagian bawah tidak nyaman.

Baca Juga: Sedang Jadi Tren, Posisi Satu Menit 'Plank' Untuk Manfaat Kesehatan

Baca Juga: 6 Tips Untuk Peregangan yang Aman Guna Terhindar Dari Risiko Cedera

Sebaliknya, posisi papan atau plank memberi  keseimbangan otot yang lebih baik di bagian depan, samping, dan belakang tubuh selama latihan daripada melakukan sit-up, yang hanya menargetkan beberapa otot.