Find Us On Social Media :

Mantan Presiden SBY Berangkat ke Mayo Clinic di AS Untuk Obati Kanker Prostat, Kanker Paling Ditakuti Pria

Mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono divonis menderita kanker prostat, namun masih stadium awal.

GridHEALTH.id - Diketahui, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono divonis menderita kanker prostat.

SBY telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, kanker prostat yang diidap SBY dalam stadium awal."Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dikutip dari Kompas (02/11/2021).

Presiden SBY dipastikan akan berangkat ke AS segera. "Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini," kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (02/11/2021).

SBY akan berobat ke Minneapolis. Dari wilayah tersebut, masih 1,5 jam untuk sampai ke Mayo Clinic. Mayo Clinic adalah rumah sakit terkenal untuk penanganan kanker. Syarief mengatakan SBY akan didampingi keluarganya ke AS.

Baca Juga: Pengobatan Kanker Prostat Berdasar Stadium, Operasi Hingga Kemoterapi

Baca Juga: Panduan Menghitung Kalori Harian Untuk Menjaga Kadar Gula Darah dan Menurunkan Berat Badan

kanker  prostat  merupakan  salah  satu  kanker  terbanyak  pada  pria.  Sebanyak  99% pasien kanker prostat yang didiagnosis dan ditatalaksana pada stadium dini, memiliki angka harapan  hidup  hingga  5  tahun  serta  kualitas  hidup  cukup  baik.