Find Us On Social Media :

Kanker Prostat Seperti Dialami Mantan Presiden SBY, Siapa Saja yang Berisiko?

Obesitas, salah satu faktor risiko terkena kanker prostat.

GridHEALTH.id - Diketahui, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono didiagnosis menderita kanker prostat.

SBY telah menjalani berbagai pemeriksaan, di antaranya melalui metode MRI, biopsi, positron emission tomography (PET) specific membrane antigen (SMA) scan, dan pemeriksaan lainnya. Hasilnya, kanker prostat yang diidap SBY dalam stadium awal."Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal. Sesuai dengan kondisi kesehatan Bapak SBY saat ini, tim dokter menyimpulkan semua opsi terbuka untuk melakukan pengobatan dan penyembuhan Bapak SBY," ungkap staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dikutip dari Kompas (02/11/2021).

Presiden SBY dipastikan akan berangkat ke AS segera. "Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini," kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Syarief Hasan, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (02/11/2021).

Kanker  prostat  merupakan  salah  satu  kanker  terbanyak  pada  pria.  Sebanyak  99% pasien kanker prostat yang didiagnosis dan ditatalaksana pada stadium dini, memiliki angka harapan  hidup  hingga  5  tahun  serta  kualitas  hidup  cukup  baik.

Baca Juga: Mantan Presiden SBY Berangkat ke Mayo Clinic di AS Untuk Obati Kanker Prostat, Kanker Paling Ditakuti Pria

Baca Juga: Aturan Naik Kendaraan Darat Lebih dari 250 Kilometer Harus Tes Covid-19 Akhirnya Dicabut

Meskipun di Indonesia kanker  prostat  menempati  urutan  ke-5  jenis  kanker  yang  paling  banyak  di  derita  oleh  pria, menurut data dari Global Burden of Cancer (GLOBOCAN) pada tahun 2020, akan tetapi para penderita kanker prostat datang dalam kondisi stadium lanjut.