Find Us On Social Media :

5 Hal yang Dapat Dilakukan Untuk Menjaga Kesuburan Selama Pandemi

Jika sudah berencana untuk mengunjungi klinik kesuburan, luangkan waktu ini untuk mengumpulkan informasi tentang pilihan klinik.

GridHEALTH.id - Pandemi Covid-19 yang melanda global telah menimbulkan masalah bagi banyak pasangan dan individu.

Sebuah survei baru oleh Modern Fertility and SoFi menemukan hampir sepertiga responden mengubah rencana kehamilan mereka karena khawatir Covid-19, sementara 61% mengatakan mereka merasa "khawatir dan cemas" tentang kesuburan dan keluarga berencana karena pandemi.

Dengan banyaknya klinik kesuburan yang menangguhkan perawatan kesuburan saat ini, tidak heran orang-orang yang seharusnya melakukan pekerjaan laboratorium terkait kesuburan atau pembekuan telur merasa frustrasi dan gugup karena menunda rencana pembuatan bayi mereka.

“Pandemi telah menciptakan banyak gangguan dalam hidup kita,” kata Natalie Burger, M.D., ahli endokrinologi reproduksi bersertifikat di Texas Fertility Center di Austin, Texas. "Namun, ini juga merupakan waktu yang penting untuk melakukan apa yang kita bisa untuk memaksimalkan rencana kehamilan.

Dikutip dari parents, berikut adalah lima langkah yang dapat dilakukan agar kita tetap fokus pada kesuburan dan mempersiapkan rencana kehamilan.

1. Manfaatkan konsultasi telehealth

Banyak klinik saat ini menawarkan konsultasi dan janji temu virtual. Selama penilaian awal, kita dapat memeriksa riwayat kesehatan dan membuat rencana pribadi.

Baca Juga: Stop Lakukan 6 Hal Ini Jika Sedang Berjuang Melawan Ketidaksuburan

Baca Juga: Mengenal Gejala Flu Singapura yang Lebih Banyak Menyerang Si Kecil

Dokter via telehealth dapat mengoptimalkan konsultasi tentang tujuan kita memiliki keluarga dan memutuskan tes apa yang diperlukan.