Find Us On Social Media :

Hati-hati, Kehamilan Meningkatkan Risiko Meningitis Akibat Bakteri

Ibu hamil juga berisiko mengalami meningitis akibat bakteri.

GridHEALTH.id - Meningitis bakterial sangat serius. Beberapa orang dengan infeksi meninggal dan kematian dapat terjadi hanya dalam beberapa jam. Namun, kebanyakan orang sembuh dari meningitis bakteri.

Mereka yang sembuh dapat mengalami cacat permanen, seperti kerusakan otak, gangguan pendengaran, dan ketidakmampuan belajar.

Beberapa jenis bakteri dapat menyebabkan meningitis. Penyebab utama di Amerika Serikat termasuk Streptococcus pneumoniae, Streptokokus Grup B, Neisseria meningitidis,    Haemophilus influenzae, Listeria monocytogenes dan Escherichia coli.

Banyak dari bakteri ini juga dapat dikaitkan dengan penyakit serius lainnya, sepsis. Sepsis adalah respons ekstrem tubuh terhadap infeksi.

Ini adalah keadaan darurat medis yang mengancam jiwa. Sepsis terjadi ketika infeksi memicu reaksi berantai di seluruh tubuh.

Tanpa pengobatan tepat waktu, sepsis dapat dengan cepat menyebabkan kerusakan jaringan, kegagalan organ, dan kematian.

Baca Juga: 8 Gejala Meningitis Akibat Infeksi Virus Yang Perlu Diketahui

Baca Juga: Jual Ginjal Demi iPhone, Sekarang Malah Harus Sering Cuci Darah

Kuman tertentu yang menyebabkan meningitis bakteri, seperti L. monocytogenes, dapat menyebar melalui makanan. Tetapi sebagian besar kuman ini menyebar dari satu orang ke orang lain.