Find Us On Social Media :

Usia Dewasa Muda Banyak yang Menunjukkan Gejala Pradiabetes, Selangkah Lagi Menuju Diabetes

Banyak anak muda menunjukkan gejala pradiabetes.

GridHEALTH.id - Hampir 1 dari 5 remaja berusia 12-18 tahun, dan 1 dari 4 dewasa muda berusia 19-34 tahun, hidup dengan pradiabetes, menurut  studi CDC baru yang diterbitkan hari ini di JAMA Pediatrics.

Pradiabetes adalah kondisi kesehatan di mana kadar gula darah lebih tinggi dari normal, tetapi belum cukup tinggi untuk didiagnosis sebagai diabetes tipe 2.

Kondisi ini juga meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit ginjal kronis, penyakit jantung, dan stroke.

Memantau persentase remaja dan dewasa muda dengan pradiabetes dapat membantu menentukan risiko diabetes tipe 2 di masa depan.

Untuk melakukan ini, peneliti CDC menggunakan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional yang mencakup tahun 2005-2018.

“Prevalensi pradiabetes pada remaja dan dewasa muda memperkuat kebutuhan kritis akan strategi kesehatan masyarakat yang efektif yang mempromosikan kebiasaan makan yang sehat, aktivitas fisik, dan manajemen stres,” kata Direktur CDC Robert R. Redfield, MD.

Baca Juga: Pradiabetes, Ambang Batas yang Perlu Diketahui Untuk Mencegah Diabetes

Baca Juga: Mencegah Luka, Ini 6 Hal yang Perlu Dilakukan Oleh Penyandang Diabetes

“Perilaku gaya hidup ini dapat dimulai sejak dini. kehidupan seorang anak dan harus berlanjut hingga remaja dan dewasa untuk mengurangi timbulnya diabetes tipe 2.