Find Us On Social Media :

Demam Semak Belum Banyak Orang Paham Keberadaannya, Padahal Akibatnya Bisa Fatal

Demam semak terkadang disertai dengan ruam dan bintik-bintik merah.

GridHEALTH.id - Scrub typhus, juga dikenal sebagai bush typhus, atau demam semak adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Orientia tsutsugamushi.

Demam semak menyebar ke orang melalui gigitan chiggers yang terinfeksi (tungau larva). Gejalanya yang paling umum termasuk demam, sakit kepala, nyeri tubuh, dan terkadang ruam.

Sebagian besar kasus demam semak terjadi di daerah pedesaan Asia Tenggara, Indonesia, China, Jepang, India, dan Australia bagian utara. Siapa pun yang tinggal di atau bepergian ke daerah di mana scrub typhus ditemukan dapat terinfeksi.

Gejala demam semak biasanya dimulai dalam waktu 10 hari setelah digigit. Tanda dan gejala mungkin termasuk demam dan kedinginan, sakit kepala, nyeri tubuh dan nyeri otot.

Juga muncul daerah gelap seperti keropeng di lokasi gigitan chigger (juga dikenal sebagai eschar), perubahan mental, mulai dari kebingungan hingga koma, pembesaran kelenjar getah bening hingga ruam.

Orang dengan penyakit parah dapat mengalami kegagalan organ dan pendarahan, yang bisa berakibat fatal jika tidak ditangani.

Baca Juga: Demam Semak Bisa Sebabkan Kegagalan Organ, Kenali 7 Gejalanya

Baca Juga: Healthy Move, Jangan Buru-buru Bangun, Lakukan Yoga di Tempat Tidur

Demam semak harus diobati dengan antibiotik doksisiklin. Obat ini dapat digunakan pada orang-orang dari segala usia.