Find Us On Social Media :

Seiring Berjalannya Waktu, Risiko Bagi Perokok Akan Hilang Bila Berhenti Merokok, Lihat Dampak Positifnya

Seketika berhenti merokok, maka segera didapat dampak positifnya untuk kesehatan.

GridHEALTH.id - Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok adalah penyebab nomor satu kematian yang seharusnya dapat dicegah di AS dan di seluruh dunia.

Dampak merokok memang bukan main, mulai timbulnya penyakit kardiovaskular hingga sistem kekebalan tubuh lemah hingga yang jelas penuaan dini.

Namun ada fakta menarik, sekitar 75 – 85% perokok, ingin berhenti, tapi tidak tahu caranya. Salah satu alasan utama mengapa sangat sulit untuk berhenti merokok adalah dampak yang dirasakan tidak langsung muncul.

Berbeda dengan dampak buruk yang baru muncul lama kemudian, dampak positif berhenti merokok akan segera tampak, dan risikonya terus menurun dari tahun ke tahun hingga risiko itu hilang, seolah kita tidak pernah merokok.

Inilah garis waktu tentang beberapa efek langsung dari berhenti merokok dan bagaimana hal itu akan memengaruhi tubuh kita sekarang.

- Dalam 20 menit tekanan darah akan turun kembali normal.-  Dalam 8 jam kadar karbon monoksida (gas beracun) dalam aliran darah akan turun setengahnya, dan kadar oksigen akan kembali normal dan metabolisme akan meningkat.

Baca Juga: Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei, Coba 4 Cara Alami Ini Untuk Berhenti Merokok

Baca Juga: Gejala dan Penanganan Tonsilitis, Radang Amandel Akibat Virus dan Bakteri

-  Dalam 48 jam kemungkinan terkena serangan jantung akan berkurang. Semuanikotin akan meninggalkan tubuh. Indera perasa dan penciuman  akankembali ke tingkat normal.