Find Us On Social Media :

Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei, Coba 4 Cara Alami Ini Untuk Berhenti Merokok

Akupunktur adalah terapi alternatif alami yang bisa digunakan untuk berhenti merokok.

GridHEALTH.id - Hari Tanpa Tembakau Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 31 Mei untuk meningkatkan kesadaran tentang efek berbahaya dan mematikan dari penggunaan tembakau.

Tembakau membunuh lebih dari 8 juta orang di dunia setiap tahun. Lebih dari 7 juta di antaranya berasal dari penggunaan tembakau langsung dan sekitar 1,2 juta disebabkan oleh bukan perokok yang terpapar asap pasif.

Tembakau juga merupakan faktor yang sangat berbahaya untuk penyakit tidak menular (non-communicabel diseases /NCD's) seperti infeksi kardiovaskular, keganasan, penyakit pernapasan, dan diabetes yang membuat orang dengan kondisi ini berisiko lebih tinggi untuk terkena penyakit serius saat terinfeksi Covid-19.

Data yang tersedia juga menunjukkan bahwa perokok berisiko lebih tinggi menderita penyakit parah dan kematian akibat Covid-19, catat para ahli.

Padahal keuntungan berhenti merokok, dalam 20 menit setelah berhenti merokok, denyut nadi meningkat dan ketegangan peredaran darah menurun.

Setelah 12 jam, tingkat karbon monoksida dalam sistem peredaran darah turun menjadi normal. Dalam 2-12 minggu, perjalanan membaik dan fungsi paru-paru meningkat.

Untuk perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2021 ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah meluncurkan kampanye global dengan slogan “Commit to Quit” ("Berjanji Untuk Berhenti (Merokok)") untuk membantu orang berhenti menggunakan tembakau melalui berbagai inisiatif dan alat digital.

Baca Juga: Ingin Berhenti Merokok? Tak Sekadar Niat Tapi Lakukan Hal Ini!

Baca Juga: Pemeriksaan Darah dan Urine Pasien Penting Dilakukan Sebelum Menentukan Jenis Obat Diabetes, Ini Alasannya

Memang benar, merokok adalah salah satu kecanduan yang paling sulit diatasi, jadi wajar jika kita ingin mencoba apa pun yang dapat membantu.