Find Us On Social Media :

Healthy Move, 5 Latihan Memperkuat dan Meredakan Nyeri Punggung

Punggung yang kuat memungkinkan kita untuk lebih stabil dan tegak berdiri.

GridHEALTH.id - Belum banyak yang tahu, punggung kita terdiri dari 140 otot yang tumpang tindih, sebagian besar tidak kita manfaatkan dengan duduk di meja sepanjang hari.

Jika ingin menghilangkan sakit punggung, meningkatkan kekuatan tubuh  atau terlihat lebih baik dari belakang, melatih bagian belakang adalah kuncinya.

“Punggung benar-benar terlibat dalam setiap gerakan. Bahkan jika Anda tidak melakukan 'latihan punggung', punggung masih menahan dan menstabilkan untuk mendukung semua gerakan lengan, latihan inti, kerja keseimbangan, dan gerakan kaki, ”kata Cheri Paige Fogelman, pelatih Daily Burn 365.

“Punggung yang kuat memungkinkan kita untuk lebih stabil dan tegak, yang berarti Anda akan bekerja lebih efisien dan mendapatkan lebih banyak gerakan seperti plank, bicep curl, dan bahkan gerakan kardio seperti lari atau speed skating,” kata Fogelman.

“Punggung adalah senjata rahasia untuk latihan yang lebih baik,” tambahnya. “Ketika saya berdiri tegak dan menambatkan tulang belikat saya ke bawah dan ke belakang selama latihan, saya merasa lebih menang, yang meningkatkan harga diri saya.”

Fogelman lalu memberikan tips latihan punggung tanpa peralatan yang bisa dilakukan di rumah;

1. Barisan Renegade

Masuk ke posisi papan (plank) tinggi dengan tangan selebar bahu, bahu ditumpuk di atas pergelangan tangan.

Jaga agar pinggul tetap lurus dan inti bergerak, angkat tangan kanan  dari lantai. Siku kanan harus terselip dekat dengan tulang rusuk.