Find Us On Social Media :

4 Cara Mudah Mengelola Kadar Gula Darah Pada Penyandang Diabetes

Perbanyak makan buah dan sayur untuk membantu mengelola kadar gula darah.

GridHEALTH.id.-  Dalam studi yang belum lama ini hasilnya diluncurkan oleh Kemenkes , Indonesia masuk dalam 10 negara besar dalam  kasus diabetes terbanyak di dunia, berada dalam peringkat ke-6.

Bukan peringkat yang menggembirakan memang, sebab itu berarti diabetes masih menjadi masalah kesehatan utama di Indonesia.

Menurut Global Health Data Exchange, status kesehatan Indonesia tengah memasuki tahap transisi dari era penyakit menular menuju penyakit tidak menular.

Penyakit jantung, diabetes dan penyakit ginjal kronis adalah contoh penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan mortalitas, morbiditas dan beban pembiayaan di Indonesia.

Faktanya, diabetes sendiri memiliki  kaitan erat dengan berbaagai komplikasi. Seperti penyakit jantung, penyakit mata yang bisa berujung kebutaan, penyakit kulit, dan gangguan kesehatan lain.

Agar tidak berkembang menjadi komplikasi, penyandang diabetes wajib mengelola kadar gula darahnya.

Baca Juga : Berat Badan Turun Bisa Jadi Tanda Awal Diabetes, Simak Ciri Lainnya!

Baca Juga: Sibuk Googling Penyakit di Internet Bisa Munculkan Hipokondria

Berikut beberapa cara mudah untuk mengelola kadar gula darah secara alami:

1. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Ini berarti bahwa tubuh  akan lebih mampu memanfaatkan gula dalam aliran darah.