Find Us On Social Media :

Perawatan Prakonsepsi Pada Pria Untuk Meningkatkan Kesuburan

Lakukan diet sehat sebagai bagian perawatan prakonsepsi pada pria.

GridHEALTH.id - Kesuburan pada pria sama pentingnya dengan kesuburan pada wanita untuk mendapatkan bayi yang sehat.

Jika gagal hamil, kemungkinan ada beberapa masalah. Karena dibutuhkan dua orang untuk hamil, kesehatan pria, fisik, seksual dan mental,  memainkan peran penting secara setara.

Pria harus menjaga kesehatan reproduksinya untuk menjaga kesuburan sebelum hamil. Ini dapat meningkatkan peluang mereka untuk hamil dan melahirkan anak yang sehat.

Gaya hidup memengaruhi kualitas sperma, produksinya, dan kesehatan keturunannya. Cara terbaik untuk menghasilkan sperma yang sehat adalah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

1. Berat badan ideal

Memastikan berat badan yang sehat sebelum pembuahan untuk meningkatkan peluang untuk hamil dengan makan makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

Jika kelebihan berat badan, kualitas sperma akan menurun dan mengurangi gairah seks. Pria bahkan akan kesulitan untuk mempertahankan ereksi. Juga akan menghadapi masalah serupa jika kekurangan berat badan.

Lebih baik untuk mendapatkan atau kehilangan beberapa kilo sebelum program hamil untuk mempertahankan BMI atau Indeks Massa Tubuh optimal yang diperlukan untuk kesuburan.

2. Hindari rokok, minuman keras dan narkoba

Konsumsi alkohol yang berlebihan dan terlalu banyak merokok adalah alasan utama ketidaksuburan pria.

Baik alkohol maupun rokok mempengaruhi kualitas sperma dan produksinya. Jika memulai program kehamilan, sudah saatnya mengurangi dua kebiasaan ini untuk menjaga kesehatan dan juga kesehatan bayi.

Mulailah dengan mengurangi konsumsi secara bertahap sampai kita merasa tidak menggunakannya lagi.