Find Us On Social Media :

Profesor Muhammad M. Mohiuddin Sukses Cangkok Jantung Babi pada Manusia Pertama di Dunia

Cangkok jantung babi ke manusia yang bersejarah dan sukses sejauh ini.

GridHEALTH.id - Berita yang datang dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland ini sungguh mengagetkan.

Bagaimana tidak, ilmuwan dan dokter melakukan transplantasi jantung porcine pertama yang berhasil dilakukan ke manusia dewasa dengan penyakit jantung.

Transplantasi jantung babi ini pilihan terakhir dari pasien untuk bertahan hidup setelah dianggap tidak memenuhi syarat untuk transplantasi yang sudah biasa dilakukan di dunia medis.

Pasien berusia 57 tahun tersebut memiliki penyakit jantung terminal, lalu selamat setelah  menerima transplantasi jantung babi yang dimodifikasi secara genetik dengan sukses dan masih baik-baik saja hingga tiga hari kemudian.

Jadi ini adalah operasi bersejarah yang dilakukan oleh fakultas Fakultas Kedokteran Universitas Maryland (UMSOM) di Pusat Medis Universitas Maryland (UMMC), bersama-sama dikenal sebagai Universitas Kedokteran Maryland.

Bersejarah karena transplantasi organ ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa jantung hewan yang dimodifikasi secara genetik dapat berfungsi seperti jantung manusia tanpa penolakan langsung oleh tubuh.

Kini pasien yang bernama David Bennett, seorang penduduk Maryland, sedang dipantau dengan cermat selama beberapa hari dan minggu berikutnya untuk menentukan apakah transplantasi memberikan manfaat yang menyelamatkan jiwa.

“Itu baik mati atau melakukan transplantasi ini. saya ingin hidup. Saya tahu ini adalah bidikan dalam kegelapan, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya,” kata Mr. Bennett, sang pasien, sehari sebelum operasi dilakukan.

2 Pakar yang Mengukir Sejarah

Baca Juga: Sepatu Memancing yang Disukai Tenaga Medis dan Dokter di Rumah Sakit

“Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ. Tidak ada cukup jantung manusia donor yang tersedia untuk memenuhi daftar panjang calon penerima,” kata Bartley P. Griffith, MD, yang melakukan transplantasi jantung babi ke pasien.

Griffith adalah Profesor Terhormat Thomas E. dan Alice Marie Hales dalam Bedah Transplantasi di UMSOM dan Direktur Program Transplantasi Jantung di UMMC.