Find Us On Social Media :

Mengenal Metode Diet 3000 Kalori Khusus Penambahan Berat Badan

Pola makan diet 3000 kalori untuk menambah berat badan.

GridHEALTH.id - Selama ini, diet 2.000 kalori dianggap standar dan memenuhi kebutuhan nutrisi kebanyakan orang dengan berat tubuh ideal dan aktivitas sedang.

Namun, tergantung pada tingkat aktivitas, ukuran tubuh, dan tujuan kita, mungkin saja ada yang membutuhkan lebih banyak asupan kalori setiap harinya.

Mereka yang perlu mengikuti diet 3.000 kalori umumnya dinilai kurang (underweight) yang bila dibiarkan lama, akan berisiko pada kesehatan.

Untuk diketahui, kebutuhan kalori harian kita didasarkan pada beberapa faktor, termasuk:

- Jenis kelamin. Wanita umumnya membakar kalori 5-10% lebih sedikit saat istirahat daripada pria dengan tinggi yang sama.

- Usia. Jumlah kalori yang dibakar saat istirahat menurun seiring bertambahnya usia.

- Tinggi badan. Semakin tinggi  semakin banyak kalori yang dibutuhkan untuk menjaga berat badan.

- Aktivitas. Latihan dan aktivitas seperti pekerja outdoor dan banyak membutuhkan kekuatan fisik, umumnya juga butuh peningkatkan kalori .

Kebutuhan kalori harian berkisar dari 1.600–2.400 kalori per hari untuk wanita dewasa dan 2.000–3.000 kalori untuk pria dewasa, dengan rentang terendah untuk orang yang tidak banyak bergerak dan ujung atas untuk mereka yang aktif .

Baca Juga: Satu Lagi Manfaat Kopi Menurut Studi, Bisa Mencegah Obesitas

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Ini Membantu Menurunkan Lemak Lengan Tanpa Olahraga

Perkiraan ini didasarkan pada persamaan yang menggunakan tinggi rata-rata dan berat badan yang sehat untuk wanita dan pria dewasa. Wanita referensi memiliki tinggi 163 cm dan berat 57,3 kg, sedangkan pria referensi adalah 178 cm dan berat 70 kg.