Find Us On Social Media :

10 Hari Pasca Positif Pasien Covid-19 Bisa Bebas dan Ditemui, Berikut Penjelasan Ahli dari Dalam dan Luar Negeri

10 hari waktu yang bisa digunakan sebagai mas aaman seorang pasien Covid-19 keluar dari karantina, dan waktu aman bagikita bertemu dengannya dengan prokes ketat.

GridHEALTH.id - Pasien positif Covid-19 harus menjalani karantina. Itu sudah seharusnya.

Pertanyaannya, kapan pasien Covid-19 bisa bebas? Dalam artian keluar dari karantina, bertemua dengan keluarga dan teman.

Pun kapan kita bisa dan aman bertemu dengan mantan penyintas Covid-19?

Mengenai hal ini, “Menurut revisi pedoman CDC baru-baru ini, jika seseorang memiliki Covid-19, setelah lima hari, mereka bisa keluar dari isolasi dan mengenakan masker,” kata Dr William Schaffner, pakar penyakit menular di Vanderbilt University, kepada Healthline, dilansir dari healthline (20/7/2020).

Hal ini didasarkan pada data yang telah terakumulasi dengan kuat. Kemampuan penularan virus lebih tinggi selama satu atau dua hari setelah dinyatakan positif.

Kemudian pada hari ketiga, penderita bisa merasakan gejala yang semakin kentara.

Untuk diketahui, banyak ahli meyakini kebanyakan orang tidak menularkan virus setelah 10 hari pasca dites positif atau mengalami gejala Covid-19.

Terlebih pedoman baru dari CDC telah mempersingkat waktu isolasi menjadi hanya lima hari dengan catatan tetap memakai masker.

Pedoman CDC juga mengatakan, seseorang dapat melanjutkan rutinitas rutin mereka setelah 10 hari diagnosa positif Covid keluar.

Baca Juga: Nose Sanitizer Penting Dilakukan Karena Omicron Serang Saluran Pernapasan Atas

Sebab, menurut para ahli, sudah tidak ada lagi kemampuan virus untuk menularkan ke orang lain.

Setelah periode isolasi lima hari, penderita dapat meninggalkan isolasi tetapi wajib mengenakan masker selama lima hari berikutnya.