Find Us On Social Media :

Penyebab Munculnya Kelebihan Lemak Perut yang Bisa Datangkan Penyakit

Lemak perut berlebihan bisa datangkan berbagi penyakit.

GridHEALTH.idLemak perut (juga dikenal sebagai lemak visceral) dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan yang serius.

Tidak seperti lemak subkutan, lemak di bawah kulit yang bisa dicubit, lemak visceral mengelilingi organ-organ jauh di dalam perut, seperti perut, hati, dan usus. Dan ini bisa sangat mempengaruhi kesehatan.

Sebetulnya lemak di dalam perut yang menyelebungi organ-organ penting berfungsi sebagai pelindung organ-organ tersebut, misalnya dari benturan dan penyeimbang hormon.

Tetapi bila kelebihan, menurut Mayo Clinic, kelebihan lemak visceral meningkatkan risiko gangguan metabolisme yang serius, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit hati berlemak dan sleep apnea.

Pada wanita, lemak visceral juga dikaitkan dengan kanker payudara, penyakit ovarium polikistik, dan kebutuhan untuk operasi kandung empedu, kata Harvard Medical School.

Menurut Johns Hopkins Medicine, kita lebih mungkin mengalami masalah kesehatan yang disebabkan oleh lemak visceral jika pinggang lebih dari 80 cm jika seorang wanita, atau lebih dari 90 cm jika seorang pria.

Dikutip dari Harvard Medical School, ada berbagai penyebab munculnya lemak visceral yang berlebihan di dalam perut;

1. Pola makan yang buruk

Terutama yang tinggi gula tambahan, makanan olahan, dan karbohidrat sederhana (yang dengan cepat diubah tubuh menjadi gula).

Itu mengarah pada penambahan berat badan yang seringkali sulit untuk diturunkan, terutama di daerah perut.

Baca Juga: Hati-hati, Lemak Perut Ternyata Dapat Mengindikasikan Penyakit Jantung

Baca Juga: Tips Mencegah Pendarahan Rahim yang Berlebihan Saat Melahirkan