Find Us On Social Media :

6 Penyebab Nyeri Payudara yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Nyeri payudara bisa diakibatkan perubahan hormon dan hal lain.

GridHEALTH.id - Nyeri payudara dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori, siklus dan non-siklus.

Nyeri siklus disebabkan oleh perubahan hormonal dalam tubuh, seperti menstruasi, pubertas atau menopause, sedangkan nyeri non-siklus disebabkan oleh kondisi kesehatan atau faktor eksternal lainnya yang menyebabkan fluktuasi hormonal.

Sifat nyeri payudara non-siklus  hanya dapat dipastikan oleh dokter melalui pemeriksaan fisik, namun lebih baik untuk mengetahui penyebab yang menimbulkan gejala ini dan aman daripada menyesal.

Berikut adalah beberapa penyebab nyeri payudara non-siklus yang terjadi karena fluktuasi hormonal;

1. Pubertas

Tumbuh dewasa memiliki rasa sakitnya sendiri dan ini dijelaskan dengan baik secara fisiologis ketika seseorang mencapai pubertas.

Mungkin lebih menyakitkan bagi anak perempuan daripada anak laki-laki. Ini karena perubahan hormonal yang membuatnya agak tak tertahankan untuk anak perempuan.

Ini juga merupakan fase ketika organ seksual tumbuh dan matang. Sementara perkembangan payudara mulai terbentuk, nyeri payudara juga menjadi tak terelakkan.

Banyak gadis remaja mengeluh tentang nyeri payudara selama tahap ini yang hanya merupakan bagian dari proses tumbuh dewasa dan tidak berbahaya.

Baca Juga: Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Perlunya Pemeriksaan Skrining

2. Menstruasi

Nyeri payudara juga merupakan gejala umum dari menstruasi. Fluktuasi tingkat estrogen dan progesteron selama periode ini dapat menimbulkan beberapa ketidaknyamanan di sekitar payudara seperti nyeri.