Find Us On Social Media :

Luangkan Waktu Dengan Matahari Pagi Dapat Memberi 5 Manfaat Ini

Menghabiskan sedikit waktu di bawah sinar matahari pagi memberi manfaat besar bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari yang berkepanjangan dikaitkan dengan penuaan dini, kanker kulit (melanoma dan nonmelanoma), penekanan kekebalan dan masalah mata.

Karena efek negatif sinar matahari yang lebih umum ini, kita biasanya menghindari keluar di bawah sinar matahari.

Namun, menghabiskan sedikit waktu di bawah sinar matahari pagi memberi manfaat besar bagi kesehatan, kata dokter kulit selebriti Dr Rashmi Shetty. Dr Shetty, pendiri Ra Skin and Aesthetics, di Mumbai, India.

Ia mengatakan, dirinya selalu meluangkan waktu untuk menghabiskan 10 menit di bawah sinar matahari pagi. Shettty mengatakan, ini 5 manfaat luar biasa yang bisa didapat dari berada di bawah sinar matahari pagi.

1. Mendapat asupan vitamin D

Berada di bawah sinar matahari pagi dapat memberi Vitamin D yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap kalsium dan meningkatkan pertumbuhan tulang.

Orang dewasa yang sehat dianjurkan untuk mengonsumsi 2.000 IU vitamin D setiap hari,  dan lebih banyak lagi jika mereka sedikit atau tidak terkena sinar matahari sama sekali.

2. Meningkatkan serotonin

Kadar serotonin kita turun ketika kita tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: Berjemur Jadikan Jadwal Harian, Kekurangan Vitamin D Sebabkan Diabetes

Baca Juga: Bermanfaat Bagi Calon Ibu, Ini Cara Mengatasi Kelelahan Kehamilan

Juga dikenal sebagai hormon bahagia, serotonin menstabilkan suasana hati, perasaan sejahtera, dan kebahagiaan kita. Jadi, jika  merasa kusam dan gloomy, keluarlah dan habiskan waktu di bawah sinar matahari.