Find Us On Social Media :

Studi Baru Mengungkap, Alasan Kenapa Seseorang Bisa Tidak Terinfeksi Padahal Dekat Orang Positif Covid-19

Penularan Covid-19 tidak dapat diprediksi.

GridHEALTH.id - Penularan virus corona (Covid-19) diketahui sulit diprediksi.

Siapa saja bisa tertular penyakit yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Dikutip dari who.int (9/7/2020), Covid-19 dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, baik yang dihasilkan melalui batuk maupun bersin.

Seseorang juga dapat terinfeksi dari dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah mereka misalnya mata, hidung, mulut.

Namun tak sedikit juga kejadian seseorang tidak tertular virus corona meski mereka berada dekat dengan orang yang positif Covid-19.

Bahkan banyak dari kita yang mungkin tidak terinfeksi virus Corona meski tinggal bersama orang yang telah dites positif Covid-19.

Lantas kenapa seseorang bisa tidak tertular meski dekat dengan orang positif Covid-19?

Menurut sebuah studi baru, jawabannya mungkin terletak pada orang yang terpapar virus Corona lain di masa lalu yang memungkinkan mereka membuat sel kekebalan memori, yang disebut sel T, yang menawarkan perlindungan terhadap virus corona SARS-Cov-2.

Istilah Coronavirus adalah istilah yang luas yang mencakup sejumlah virus selain yang menyebabkan Covid-19.

Baca Juga: 10 Varian Corona Bermunculan Sejak 2020, Berikut Ragam Gejalanya

Dikutip Tribunnews dari Aljazeera (26/1/2022), banyak flu biasa yang kita lihat disebabkan oleh virus yang termasuk dalam keluarga coronavirus.

Studi ini menunjukkan bahwa memori sel T yang dibuat oleh paparan virus ini bisa menjadi alasan mengapa beberapa orang dites negatif untuk Covid-19 meskipun tinggal dengan seseorang yang dites positif.