Find Us On Social Media :

10 Alasan Kita Harus Segera Mengunjungi Dokter Spesialis Diabetes

Dokter spesialis diabetes dapat lebih memastikan diagnosis diabetes dan menentukan pengobatan yang tepat.

GridHEALTH.id - Banyak penyandang diabetes memiliki dokter atau perawat praktisi perawatan primer (atau praktik dokter keluarga) yang berpengalaman yang dapat membantu mereka mengelola diabetes mereka.

Misalnya, orang dengan diabetes tipe 2 yang tidak rumit mungkin tidak perlu menemui spesialis karena mereka dapat dengan mudah mengelolanya dengan bantuan dokter perawatan primer mereka.

Meski dokter perawatan primer memberikan perawatan yang baik untuk penyandang diabetes, jika mengelola kondisi diabetes terasa rumit dan tidak dapat dikelola, mungkin sudah waktunya kita dokter spesialis diabetes.

Ahli endokrinologi dan tim perawatan diabetes dapat memberi kita keahlian mereka, alat, dan sumber daya khusus untuk gejala dan kondisi individu kita.

Menjelajahi semua pilihan yang diberikan dokter spesialis diabetes akan membantu kita menentukan rencana pengelolaan terbaik dan mencapai kualitas hidup tertinggi.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Mengelola Kadar Gula Darah Pada Penyandang Diabetes

Baca Juga: Kaleidoskop Kesehatan 2021, Bagaimana Jadinya Ketika Covid-19 Menjadi Endemik? Simak Jawaban Pakar Imumonologi dan Penyakit Menular

Dokter spesialis diabetes disebut ahli endokrin. Mereka mengkhususkan diri pada kelenjar sistem endokrin (hormon).

Pankreas adalah kelenjar yang terlibat dalam diabetes. Pankreas memproduksi insulin, dan masalah dengan insulin adalah tentang mengelola diabetes.

Ahli endokrin sering bekerja sebagai tim dengan spesialis diabetes lainnya, praktisi perawat, ahli gizi, apoteker, pendidik, dan ahli fisiologi olahraga, yang membantu mengatasi setiap aspek diabetes, yang bisa menjadi masalah yang sangat rumit untuk dikelola.

Berikut adalah 10 alasan mengapa kita mungkin ingin menemui ahli endokrin atau tim perawatan diabetes yang merupakan dokter spesialis diabetes

1) Dokter keluarga atau dokter penyakit dalam umum menyarankan kita melakukan evaluasi dengan dokter spesialis diabetes.