Find Us On Social Media :

Disukai Orang Jepang, Ini 6 Manfaat Berendam Air Panas Bagi Kesehatan

Manfaat berendam air panas.

GridHEALTH.id – Menghabiskan waktu di Onsen atau tempat pemandian air panas, sering dilakukan oleh orang Jepang.

Berendam air panas bahkan sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Jepang, karena dinilai memiliki dampak positif.

Menghabiskan waktu untuk berendam air panas tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga untuk ketenangan jiwa.

“Berendam memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental yang besar,” kata dr Amy Zack, MD selaku dokter keluarga, dikutip dari health.clevelandclinic.org, Rabu (02/02/2022).

“Salah satu manfaatnya adalah kebersihan. Berendam membersihkan kulit Anda, membantu Anda menghindari iritasi, peradangan, dan luka yang disebabkan oleh akumulasi sel kulit mati. Beban bakteri dan jamur dari kontak di lingkungan Anda juga dapat menumpuk, meningkatkan risiko infeksi,” sambungnya.

Nah, berikut ini adalah penjabaran lebih jelas mengenai manfaat berendam air panas bagi kesehatan. Yuk, disimak!

1. Membantu tidur nyenyak dan memperbaiki mood

Berendam air panas dapat menjadi salah satu pilihan untuk memanjakan diri ketika sedang merasa kelelahan.

“Berendam membantu banyak orang tidur nyenyak. Mereka juga menciptakan lingkungan yang baik untuk meditasi, pikiran, dan jalan keluar dari penyebab stres harian,” ujar dr Zack.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Mandi Air Panas, Dari Menenangkan Otot yang Sakit Hingga Mengurangi Stres

Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau berendam selama 30 menit, dengan air bersuhu 104 Fahrenheit (40 derajat Celsius) dapat memperbaiki depresi. 

Berendam air panas juga memiliki kaitan dengan penurunan hormon stres dan kadar serotonin yang lebih seimbang, yang membantu mengatur mood seseorang.